Selasa, 03 Juli 2012

Manfaat Buah Pepaya

Sobat Hasta Fariza yang berbahagia, ada info bagus nih.... ternyata buah yang harganya cukup murah dan banyak kita temui di sepanjang daerah di indonesia ini ternyata menyimpan banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. selain sebagai pelancar buang air besar, karena banyak mengandung serat, ternyata pepaya juga mempunyai banyak sekali manfaat lain, yang banyak orang belum tahu, pepaya tidak hanya buahnya saja yang berguna sebagai obat ataupun untuk hal bermanfaat lainnya, sebuah penelitian, dan pendapat dari masyarakat yang pernah menggunakan akar, batang, bahkan getah akan saya rangkum semua dalam topik pembahasan kali ini. seluruh bagian dari tumbuhan ini mempunyai khasiat yang sangat manjur dalam berbagai penyakit. saya contohkan biji buah pepaya yang kita buang begitu saja, justru ditangan orang yang mengerti bisa menjadi obat cacingan, dan gangguan pencernaan lainnya, untuk lebih jelasnya berikut ulasan singkat tentang manfaat pepaya :

Manfaat buah pepaya 
  1. akar buah pepaya : sangat ampuh mengobat cacingan, dengan dicampurkan dengan bawah putih ternyata akar buah pepaya sangat mancur dalam mengobati penyakit cacingan
  2. daun buah pepaya : dapat menambah nafsu makan, daun pepaya segar dan ditambah sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir yang kemudian diblender dan disaring guna diambil airnya untuk diminumkan, nafsu makan anaknya jadi bertambah.
  3. biji buah pepaya :  biji pepaya bermanfaat mengobati cacing gelang, gangguan pencernaan, masuk angin, dan diare.
  4. batang buah pepaya :  sebagai antikanker, karena batang mengandung banyak getah putih seperti susu (white milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai antikanker, seperti dikutip Journal Society of Biology, yang menyatakan papain bersifat antitumor atau kanker.
jadi selain buahnya, pepaya ternyata bagian dari tumbuhan ini juga bisa bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena sangat ampuh dalam menyembuhkan berbagai penyakit, karena Tidak sekadar memiliki serat tinggi, pepaya juga mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Malah kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Kaya pula dengan vitamin B kompleks dan vitamin E. Hebatnya lagi, kandungan enzim papain dalam buah pepaya berfungsi mempercepat proses pencernaan protein. Kadar protein dalam buah pepaya tidak terlalu tinggi, hanya 4-6 gram per kilogram berat buah, tetapi hampir seluruhnya dapat dicerna dan diserap tubuh. Ini disebabkan enzim papain dalam buah pepaya mampu mencerna zat sebanyak 35 kali lebih besar dari ukurannya sendiri.

sumber : www.kowelanaku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar