Jumat, 06 Juli 2012

Manfaat Buah Kesemek

Kesemek buah-buahan dari marga Diospyros  yang banyak tumbuh didataran tinggi di Indonesia Terbaru dengan ciri - ciri buah yang berwarna antara jingga kekuningan sampai kemerahan dan berdiameter antara 2-8 cm dan sedikit berasa sepat memiliki Manfaat Besar dalam pencegah kanker dan penyakit-penyakit kronis lainnya. Hal ini karena buah kesemek yang kaya akan likopen sebuah zat antioksidan sebagai pencegah kanker, dan meningkatkan masukan serat kasar bagi tubuh.
Manfaat Buah Kesemek - Komponen-komponen yang terdapat dalam buah kesemek tersebut merupakan senyawa bioaktif yang mempunyai fungsi tertentu, yang dapat dikembangkan sebagai makanan fungsional. sedangkan Warna buah kesemek masak disebabkan oleh pigmen karotenoid yang berwarna oranye kemerahan. Karoten ini meupakan sumber vitamin A. Sifat fungsional karotenoid adalah melindungi membran lemak dari kerusakan akibat radikal bebas.
Manfaat Buah Kesemek -  Begitu besarnya manfaat dari buah kesemek seperti yang saya gambarkan diatas. lalu rahasia apa yang dimiliki oleh buah kesemek itu. mari kita mengenal tentang kandungan buah kesemek. Buak Kesemek mengandung :
  1. 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa, 
  2. 0,7% protein, vitamin A dan kalium. 
  3. Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker, 
  4. phytochemical lutein, betakaroten dan serat. 
  5. Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung. 
  6. Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna,
MANFAAT BUAH KESEMEK

Berikut beberapa cara menggunakan buah kesemek untuk pengobatan:

* Hipertensi
Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.

* Asma dan batuk berdahak
Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.

* Sakit perut
Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.

* Diare dan disentri
Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari
Sumber : buahbuahku.wordpress.com

Sedikit ulasan tentang
Manfaat Buah Kesemek dan beberapa cara penggunaan buah kesemek sebagai obat penyakit diatas semoga Bermanfaat untuk sobat Indonesia.

Sumber : www.kowelanaku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar