Senin, 28 Mei 2012

Manfaat Aloevera atau Lidah Buaya

Sobat Ahmad Hasta Fariza... Aloevera atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai Lidah Buaya adalah tanaman multifungsi bagi kesehatan, Aloevera mempunyai karakteristik tubuh berduri-duri lembut, dengan  tubuh berwarna hijau, didalam daging tumbuhan memiliki cairan mirip lendir, dan lendir inilah yang menjadi bagian utama dalam pemanfaatan lidah buaya ini dalam berbagai khasiat dan manfaat. bahkan bisa dikatakan aloevera (Lidah Buaya) hampir bisa memenuhi kebutuhan kesehatan diseluruh bagian tubuh kita. Hal ini karena didalam enzim, aloevera (Lidah Buaya) mengandung zat-zat diantaranya : mineral, asam amino polisakarida, vitamin dan zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan.
Aloevera (Lidah Buaya) -  Sudah sejak lama masyarakat tradisional menggunakan Aloevera (Lidah Buaya) sebagai obat penumbuh rambut alami dan penyubur rambut alami. dengan cara mencuci bersih daun lidah buaya, Potong dan ambil bagian dalamnya. Selanjutnya tinggal digosokkan di kepala Tunggu sampai 30 menit dan bilas sampai bersih. Penggunaan secara rutin akan memberikan efek yang luar biasa bagi rambut kita. Selain itu juga Aloevera (Lidah Buaya) mempunyai khasiat lain.

ALOEVERA(Lidah Buaya)
Berikut beberapa khasiat aloe vera yang telah terbukti secara empiris.
  1.  Aloe vera untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Dengan mengoleskan lendir dari lidah buaya pada rambut dan kulit kepala memiliki manfaat ganda, yaitu menghitamkan sekaligus menyuburkan rambut dan juga membersihkan kulit kepala dari gangguan ketombe. Hal ini dikarenakan gel lidah buaya memiliki khasiat anti bakteri dan anti jamur, serta memiliki kandungan vitamin C dan E.
  2. Aloe vera sebagai obat luka. Jika terjadi luka luar, lendir lidah buaya bisa menjadi alternatif yang baik sebagai pertolongan pertama pada luka. Sifat lidah buaya yang anti inflamasi akan mampu mencegah peradangan yang mungkin timbul akibat infeksi pada luka. Selain itu khasiat lidah buaya sebagai obat luka juga berfungsi untuk membantu proses regenerasi sel, sehingga luka tadi akan lebih cepat pulih.
  3. Aloe vera sebagai perawatan kulit tubuh. Kandungan lidah buaya yang kaya akan asam amino, vitamin dan mineral sangat sesuai untuk digunakan sebagai pelembab alami bagi kulit. Zat-zat tadi merupakan komponen yang sangat diperlukan oleh kulit tubuh, yang akan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit yang baru. Sehingga kulit tubuh akan terjaga kesehatannya. tak heran jika kini banyak produk perawatan kulit memasukkan aloe vera dalam komposisinya.
  4. Aloe vera sebagai makanan penunjang nutrisi. Mengkonsumsi gel lidah buaya mendatangkan segudang manfaat. Diyakini lidah buaya memiliki kandungan anti oksidan yang thnggi, dan ini sangat baik untuk upaya pencegahan terhadap penyakit jantung, penuaan dini dan beberapa penyakit degeneratif. Lidah buaya juga dapat berkhasiat sebagai penunjang nutrisi bagi penderita kanker, diabetes, dan HIV/AIDS. Hal ini dipastikan karena lidah buaya memiliki tingkat kadar karbohidrat, lemak, air, serta vitamin dan mineral yang baik.
 sumber : http://duniatanaman.com/berbagai-manfaat-lidah-buaya.html

Sedikit artikel tentang manfaat dan kegunaan
ALOEVERA atau Lidah Buaya semoga bisa menambah pengetahuan herbal para sobat Ahmad Hasta Fariza. Sedikit Pesan Jangan pernah merasa bosan untuk membaca dan belajar, kadang kala obat mujarab itu justru berada di sekitar kehidupan kita.

sumber: www.kowelanaku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar