Jumat, 25 Mei 2012

Khasiat Air Kelapa Muda

Kelapa muda tentunya sudah sangat akrab dengan kita, sering kita jumpai penjual-penjual es kelapa muda hampir sepanjang jalan, namun kini banyaknya permintaan akan kelapa muda, membuat harga tiap butirnya naik tajam, bahkan sekarang kelapa muda lebih mahal dari pada kelapa tua. tapi kali ini saya tidak menjelaskan tentang harga-harga kelapa, heheheh, yang saya akan ulas adalah khasiat air kelapa muda dalam kehidupan kita. bukan menjadi rahasia lagi bahwa air kelapa muda mempunyai banyak khasiat bagi tubuh kita. ambil contoh saja sebuah rumor bahwa, meminum air kelapa muda sangat baik bagi wanita hamil, hal ini memang benar terjadi, karena air kelapa muda memiliki banyak kandungan zat-zat yang sangat diperlukan tubuh jita, baik sebagai pengembali cairan tubuh, penawar racun ataupun kegunaan yang lain. namun tahukan anda kenapa air kelapa muda bisa memiliki khasiat seperti ini, kali ini saya akan mengulas kandungan zat-zat apa saja yang dimiliki oleh kelapa muda. secara umum, air kelapa mengandung :

Khasiat Air Kelapa Muda
  1. 2,6 persen gula, jenis gula pada air kelapa muda adalah glukosa, fruktosa, dan sukrosa. bahkan Beberapa jenis kelapa ada yang memiliki kadar gula sebesar 3 persen pada air kelapa tua dan 5,1 persen pada air kelapa muda. Itulah yang menyebabkan air kelapa muda berasa lebih manis daripada air kelapa tua.
  2. 0,55 persen protein, Asam amino yang banyak terkandung pada air kelapa adalah asam glutamat, arginin, leusin, lisin, prolin, asam aspartat, alanin, histidin, fenilalanin, serin, sistin, dan tirosin.
  3. 4,7 persen total padatan, Vitamin yang banyak terkandung pada air kelapa adalah vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, dan asam folat.
  4. 0,74 persen lemak, Komposisi minuman dengan rasio kalium terhadap natrium yang tinggi, sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya terhadap pencegahan penyakit tekanan darah tinggi,
  5. 0,46 persen mineral. Jenis mineral terbanyak yang terdapat pada air kelapa adalah potasium (kalium). Mineral lain yang terdapat dalam jumlah cukup banyak kalsium, magnesium, dan klorida, sedangkan dalam jumlah sangat sedikit adalah sodium (natrium).
  6. dan berbagai zat-zat yang lain seperti zatgizi yang ada pada air kelapa sangat mendekati komposisi cairan isotonik, yaitu cairan yang sangat sesuai dengan cairan tubuh. Itulah sebabnya cairan isotonik saat ini banyak diperjualbelikan sebagai salah satu jenis minuman bagi para olahragawan (sports drinks).
jika dilihat dari kandungan secara umum zat-zat yang ada di air kelapa muda, tak heran jika khasiat air kelapa muda begitu besar dimiliki oleh air kelapa muda, tidak hanya disini saja air kelapa muda juga bahan pokok utama dalam pembuatan berbagai jenis minuman.
sedikit ulasan diatas semoga semakin menambah pengetahuan kita tentang rahasiaa besar dibalik khasiat air kelapa muda.

sumber: www.kowelanaku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar